You are here
Pelaksanaan Seminar Bersama Proposal Disertasi Angkatan 2023/2024
Primary tabs
Selasa, 14 Mei 2024, telah dilaksanakan seminar bersama proposal disertasi angkatan 2023/2024 daring melalui zoom meeting. Acara dimulai pukul 12.30 hingga 14.00 WIB dengan dihadiri oleh mahasiswa, dosen pembimbing, dan mahasiswa S3 lainnya. Pada kesempatan ini Rizki Arumning Tyas dan Icha Kurnia Wati menyampaikan usulan proposal disertasi dengan topik Pengembangan Model Pembelajaran yang Terintegrasi Potensi Lokal. Acara dimulai dengan pembukaan oleh moderator yang menyampaikan susunan acara dan memperkenalkan kedua pembicara. Moderator juga memberikan gambaran umum mengenai pentingnya pengembangan model pembelajaran yang terintegrasi dengan potensi lokal dalam konteks pendidikan Indonesia. Rizki Arumning Tyas memulai sesi pertama dengan memaparkan proposal disertasinya. Beliau menjelaskan tentang latar belakang penelitian, tujuan, metodologi yang digunakan, serta hasil yang diharapkan dari pengembangan model pembelajaran yang mengintegrasikan potensi lokal. Rizki menekankan bahwa integrasi potensi lokal dapat meningkatkan relevansi materi ajar dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Sesi kedua dilanjutkan oleh Icha Kurnia Wati yang juga memaparkan proposal disertasinya. Icha menguraikan konsep dan framework teoritis yang mendasari pengembangan model pembelajaran berbasis potensi lokal. Selain itu, Icha juga mempresentasikan rencana implementasi dan evaluasi model tersebut di sekolah-sekolah yang menjadi lokasi penelitian.
Setelah pemaparan dari kedua pembicara, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta seminar diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, memberikan saran, atau kritik yang konstruktif terhadap usulan proposal disertasi. Diskusi berlangsung interaktif dengan berbagai masukan yang sangat bermanfaat bagi pengembangan penelitian kedua pembicara. Seminar bersama proposal disertasi angkatan 2023/2024 berjalan dengan lancar dan sukses. Diharapkan, melalui kegiatan seperti ini, mahasiswa program doktoral dapat memperoleh masukan berharga yang akan membantu mereka dalam menyempurnakan penelitian mereka. Selain itu, integrasi potensi lokal dalam model pembelajaran diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
PERPUSTAKAAN
Copyright © 2024,