Visi Keilmuan dan Keunikan Program Doktor Prodi Pendidikan IPA

VISI DAN MISI PROGRAM S3 PENDIDIKAN IPA
Visi
Visi Program Studi Doktor Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY): “Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Doktor Pendidikan IPA yang unggul, kreatif, dan inovatif di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya sesuai dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan”

MISI
Misi Program Studi Doktor Pendidikan  IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY):

  1. Menyelenggarakan Pendidikan IPA jenjang doktor yang unggul, kreatif, dan inovatid untuk menghasilkan manusia yang takwa, mandiri, dan cendekia.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian pendidikan IPA untuk menemukan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberdayakan  individu dan masyarakat serta mendukung pembagunan nasional dan regional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat secara kreatif dan inovatif untuk mendorong pengembangan kearifan dan potensi lokal yang berkaitan dengan pendidikan IPA untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.
  4. Menciptakan proses, lingkungan dan kultur pembelajaran yang mampu memberdayakan mahasiswa secara kreatif dan inovatif untuk melakukan pembelajaran sepanjang hayat berdasarkan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan;
  5. Mengembangkan kerja sama dengan lembaga lain, baik nasional maupun internasional, secara kreatif dan inovatif untuk meningkatkan mutu pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dalam bidang Pendidikan IPA dengan asas kesetaraan dan saling menguntungkan.        

VISI KEILMUAN DAN KEUNIKAN PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN IPA

Visi Keilmuan
Pengembangan TPACK IPA Berorientasi Potensi Lokal Indonesia untuk Mampu Berdaya Saing Global

Keunikan Program Doktor Pendidikan IPA
Aspek pengembangan Keilmuan yang menjadi unggulan adalah pada bidang Program Pendidikan IPA berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berorientasi pada pengkajian potensi lokal Indonesia.

TUJUAN

  1. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik berdasarkan asas ketuhanan (sikap)
  2. Menguasai filsafat IPA, filsafat pendidikan IPA, serta teori-teori IPA dan pendidikan IPA (Pengetahuan)
  3. Menganalisis masalah dan solusi penyelesaian masalah pendidikan IPA melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam menghadapi era Society 5.0 (Pengetahuan)
  4. Menganalisis konsep keilmuan terkait TPACK dalam pendidikan IPA yang terintegrasi dengan budaya lokal Indonesia (Pengetahuan)
  5. Mampu merancang, melaksanakan dan melaporkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi (Keterampilan Umum)
  6. Mampu mengembangkan program pendidikan IPA berbasis TPACK terintegrasi budaya lokal Indonesia untuk meningkatkan keunggulan bangsa dalam pendidikan IPA (Keterampilan Khusus)
  7. Mampu mengembangkan program pendidikan IPA berbasis TPACK terintegrasi budaya lokal Indonesia untuk meningkatkan keunggulan bangsa dalam pendidikan IPA (Keterampilan Khusus)