Program Studi Doktor Pendidikan IPA Mulai Perkuliahan Pada Angkatan ke-3 Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023

Senin, 30 Januari 2023, Universitas Negeri Yogyakarta memulai perkuliahan semester genap tahun ajaran 2022/2023. Diawal semester genap program studi Doktor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, terdapat lima orang mahasiswa yang melangsungkan perkuliahan. Berdasarkan kurikulum yang telah disusun, Program Studi Doktor Pendidikan IPA UNY menawarkan matakuliah lima matakuliah diantaranya Pengembangan TPACK berbasis Potensi Lokal, Kajian IPA Potensi Lokal, Filsafat Pendidikan, Metode Penelitian, dan Penulisan Jurnal Pendidikan IPA. Lima matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa untuk mengembangkan keilmuan dan wawasan dalam bidang penelitian serta publikasi ilmiah. 

Pelaksanaan perkuliahan berlangsung secara bauran (blended learning). Sistem ini memungkinkan mahasiswa yang belum berada di Yogyakarta untuk mengikuti perkuliahan secara daring. Meskipun demikian, perkuliahan tetap berlangsung dengan baik. Ketua Program Studi Doktor Pendidikan IPA, Prof. Dr. Insih Wilujeng menyatakan "Perkuliahan yang dilaksanakan sebisa mungkin dapat memfasilitasi mahasiswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun, pembelajaran dengan sistem seperti ini merupakan hasil adaptasi dari kebiasaan new normal setelah pandemi yang berlangsung selama 2 tahun lebih. Meskipun demikian tidak akan mengurangi esensi dari belajar itu sendiri."

Perkuliahan juga dilakukan pada angkatan ke-2 yang berada pada semester genap. Matakuliah yang disajikan yaitu Kajian keilmuan IPA, Fisika atau Biologi sesuai dengan konsentrasi yang diambil. selain itu terdapat matakuliah seminar proposal Disertasi yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan bimbingan bersama promotor agar dapat mempercepat kelulusan mahasiswa Doktor Pendidikan IPA.