Asesmen Lapangan Program Doktor Pendidikan IPA

 

Senin-selasa, 26-27 Februari 2024, Program Doktor Pendidikan IPA dikunjungi oleh dua asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik). Sebelumnya ada 3 prodi yang asesmen lapangan, yaitu prodi S1 Fisika, prodi S2 Pendidikan Biologi, prodi S3 Pendidikan Matematika, dan kali ini adalah prodi S3 Pendidikan IPA. AL dilaksanakan selama dua hari di ruang siding fakultas. Asesor yang berkesempatan mengunjungi FMIPA UNY untuk melakukan Asesmen Lapangan yaitu Prof. Dr. Ida Kaniawati, M.Si., dari UPI Bandung dan Prof. Dr. Woro Sumarni, M.Si., dari UNNES Semarang.

Kegiatan AL disambut langsung oleh Dekan FMIPA, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si. Beliau menyampaikan dalam sambutanya bahwa proses asemen merupakan bagian dari upaya untuk mengevaluasi diri, karena tentu sulit jika memotret diri sendiri, sehingga membutuhkan orang lain untuk memotret kita sehingga bisa memotret diri kita seutuhnya.

“Kedatangan ibu-ibu asesor mendorong kami untuk bisa menjadikan program studi kami secara keseluruhan, kami mendapatkan masukkan. Masukan itu sebagai obat yang berguna bagi kami. Penyakit kita apa, itu yang tahu adalah dokter. Dengan adanya asesor tentu kita akan menjadi tahu, bisa mendiaknosis kira-kira dimana kelemahan kita, dan kita akan minta resep”, lanjut Dekan.

Setelah sambutan dekan, dilanjutkan pengarahan dari Asesor. Prof. Ida sebagai asesor 1 menyampaikan bahwa setiap universitas punya keunggulan tersendiri, begitu juga dengan prodi S3 Pendidikan IPA. Hari ini kita lebih ke proses konfirmasi dari LED yang sudah diupload. Kami akan lebih menggali lebih dalam untuk memastikan butir-butir yang perlu dicek kembali, sehingga kami secara obyektif bisa memberi catatan atau verifikasi. Kami akan menggali proses penjaminan mutu, akademik, mata kuliah lebih mendalam